Minggu, 26 April 2015

Teori Sulap | Mistirection ( Mengalihkan Pandangan )

Misdirection adalah sebuah metode mengalihkan perhatian baik mata ataupun pikiran penonton ke hal lain agar penonton tidak menyadari apa yang sebenarnya dilakukan oleh pesulap. Selain kecepatan tangan dan juga teknik lainnya, misdirection atau pengalihan perhatian juga merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah pertunjukan sulap. 

Apa pun aliran sulapnya, mentalism, card magic,  close up magic, classic magic, atau yang lainnya, pasti membutuhkan skill misdirection. Dalam melakukan misdirection, tentu tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan agar misdirection Anda berjalan baik. Berikut saya akan berbagi kepada Anda tentang 8 peraturan misdirection yang harus Anda “patuhi” sebagai seorang pesulap.
Gambar Ilustrasi Dari Google.com
1. Buat Penonton Merasa Nyaman!
Ketika Anda akan melakukan sebuah gerakan misdirection, sebelum memulai permainan Anda harus membuat penonton merasa nyaman terlebih dahulu. Jangan terlalu banyak merubah posisi tubuh Anda, karena hal tersebut justru akan membuat penonton semakin tidak nyaman. Posisikan tubuh Anda senyaman mungkin agar penonton juga merasa nyaman dan tidak terganggu ketika melihat pertunjukan Anda.

2. Penonton Harus Melihat Kemana Anda Melihat!
Tujuan melakukan misdirection adalah membuat perhatian penonton tertuju kepada hal lain. Maka dari itu,Anda harus bisa membuat penonton melihat kemana Anda melihat. Sebagai contoh, bisa Anda perhatikan pada pertunjukan classic magic. Sebenarnya pesulap menyembunyikan sesuatu di tangan kanannya. Tetapi, pesulap melakukan misdirection dengan mengeluarkan sesuatu di tangan kirinya. Pandangan pesulap pun tertuju ke arah tangan kirinya, sehingga pandangan penonton juga tertuju ke tangan kirinya. Sehingga, pesulap akan leluasa menyembunyikan benda yang ada di tangan kanannya ketika pandangan penonton tertuju pada tangan kirinya.

3. Don’t be Predictable!
Ketika melakukan misdirection, usahakan jangan melakukan gerakan yang mudah ditebak oleh penonton. Buatlah penonton tetap bertanya – tanya tentang apa yang akan Anda lakukan selanjutnya. Agar gerakan misdirection Anda tidak mudah ditebak oleh penonton, saya sarankan agar Anda tidak melakukan gerakan misdirection yang sama lebih dari sekali dalam waktu yang berdekatan. Karena ketika Anda melakukan gerakan misdirection yang sama untuk kedua kalinya, penonton akan mulai curiga dan mencari tahu apa yang sebenarnya Anda lakukan.

4. Kuasai Permainan!
Ketahuilah apa yang akan Anda lakukan selanjutnya! Ketika Anda melakukan sebuah gerakan misdirection, jangan sampai Anda lupa langkah. Hal ini akan sangat berdampak buruk bagi Anda dan bahkan akan menjadi sebuah momen canggung. Anda harus ingat! Jangan pernah memainkan sebuah trik sulap tanpa berlatih terlebih dahulu sebelumnya. Misdirection juga demikian, Anda harus berlatih berulangkali sampai Anda benar – benar menghafal langkahnya diluar kepala dan Anda mengetahui dimana kelemahan gerakan tersebut dan dimana kelebihan gerakan tersebut.

5. Don’t Act Un-Natural!
Misdirection yang Anda lakukan haruslah terlihat normal dan natural seperti ketika Anda bergerak seperti biasanya. Gerakan yang terlihat tanggung atau aneh tentu akan membuat penonton merasa curiga juga. Hal tersebut tentu akan membuat penonton penasaran, dan mungkin mereka malah akan memperhatikan hal yang sebenarnya tidak ingin Anda perlihatkan. Maka dari itu, berlatih adalah kunci keberhasilannya. Berdirilah di depan kaca, kemudian lihatlah gerakan Anda. Jika masih belum terlihat natural, teruslah berlatih dan jangan mencoba perform di depan orang lain jika Anda merasa belum yakin. Jadikan gerakan Misdirection Anda sebagai sebuah kebodohan yang sederhana tetapi bisa mengelabuhi penonton.

6. Jangan Lakukan Gerakan Mendadak!
Layaknya seekor ular kobra yang akan segera menyerang Anda jika Anda melakukan gerakan yang mendadak dan mengagetkan, penonton juga akan demikian jika Anda melakukan gerakan misdirectionsecara tergesa – gesa, mendadak, dan mengagetkan. Cepat bukan berarti tergesa – gesa atau mendadak. Buatlah gerakan Anda sehalus mungkin dan tidak terdeteksi oleh penonton.

7. Tetap Tenang!
Ketika Anda melakukan gerakan misdirection, jangan pernah memperlihatkan wajah yang gugup kepada penonton. Terlihat gugup apalagi sampai berkeringat, akan membuat penonton tidak nyaman dan merasa curiga. Hal ini tentu menjadi masalah besar untuk gerakan misdirection Anda. Aturlah nafas Anda, dan tenangkan diri Anda. Percayalah bahwa Anda pasti bisa melakukan gerakan tersebut. Percayalah bahwa penonton tidak akan tahu bahwa Anda akan melakukan gerakan tersebut. Katakan hal tersebut kepada diri Anda sendiri, perlahan rasa gugup dan takut itu akan hilang sendirinya.

8. Don’t Overuse and Abuse Misdirection!
Jangan gunakan misdirection secara berlebihan dan jangan salahgunakan misdirection! Ketika Anda melakukan sebuah gerakan misdirection, lakukanlah seperlunya saja. Jika Anda hanya membutuhkan sekali misdirection dalam satu trik sulap, lakukanlah sekali saja. Lakukanlah gerakan tersebut sewajarnya dan jangan berlebihan. Jika Anda melakukannya secara berlebihan, mungkin bukan hasil maksimal yang akan Anda dapatkan, melainkan hasil yang buruk. Selain itu, jangan salahgunakan misdirection! Ilmu misdirection yang Anda dapatkan selama Anda mempelajari sulap bukanlah untuk digunakan dalam hal negatif, melainkan untuk menghibur dan menyenangkan hati orang lain.

Itu tadi adalah 8 peraturan yang harus Anda patuhi dalam melakukan gerakan misdirection atau pengalihan perhatian. Jika kedelapan peraturan tersebut telah Anda patuhi dan Anda terapkan dengan benar, saya yakin tidak akan ada masalah yang berarti jika ada sebuah gerakan misdirection pada trik yang Anda mainkan. Pada artikel saya selanjutnya, saya juga akan membagikan beberapa trik menggunakanmisdirection sebagai kunci permainannya kepada Anda.

1 komentar: